phi

« »
« »
« »
Get this widget

Minggu, 08 April 2012

HASIL REFLEKSI PRA SIKLUS
Nama : Sumiyati Mata Pelajaran : (PKP) PDGK 4501 Tema : Permainan Materi Pokok : Persegi Panjang dan Persegi Kelas : III (Tiga) Semester : 2 (Dua) Tempat Pembelajaran : SD Negeri Tirto 04 Pekalongan Pelaksanaan : 13 Februari 2012
A. Refleksi Setelah proses pembelajaran tema Upaya Peningkatkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita, materi Persegi Panjang dan Persegi, mata pelajaran Matematika kebanyakan siswa belum dapat menguasai materi dengan sepenuhnya dan belum memahami instruksi yang telah diberikan, Guru belum menemukan karakter pendekatan yang tepat untuk Siswa, dan aktifitas Siswa masih dibawah rata-rata berdasarkan ketentuan indikator keberhasilan hasil belajar Siswa belum menunjukan batas minimum yang telah ditetapkan. B.Permasalahan 1.Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami soal-soal cerita pokok bahasan persegi panjang dan persegi. 2.Guru belum menemukan pendekatan yang tepat antara materi dengan siswa. 3.Waktu penelitian dilaksanakan pada jam 7 dan 8 sehingga tingkat konsentrasi siswa menurun. C.Analisis Masalah 1.Siswa cenderung lebih suka menanyakan jawabannya dengan teman yang lain, karena dalam mengubah soal cerita kebentuk matematika siswa masih mengalami kesulitan. 2.Guru dalam memahami siswa, karena menyesuaikan pendekatan yang tepat dengan siswa. D.Identifikasi Masalah 1.Hasil belajar siswa rendah dengan hasil nilai ulangan dari 15 siswa hanya 4 siswa yang menjawab benar mendapat nilai 60 ke atas dan siswa lainya mendapat nilai kurang dari 60 (belum tuntas). 2.Keaktifan siswa rendah, siswa tidak berani mempresentasikan bila diberi kesempatan mempresentasikan dalam pembelajaran. 3.Guru belum dapat memberikan motivasi yang tepat agar siswa berani dalam mengemukapkan. E.Rumusan Masalah 1.Apakah pendekatan deduktif dengan metode langkah Polya dapat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang dan persegi. 2.Apakah dengan media lembar kerja siswa dapat untuk meningkatkan aktifitas belajar tentang persegi panjang dan persegi. F.Fokus dan Cara Memperbaiki 1.Penggunakan metode ceramah dan tanya jawab ditambah metode presentasi caranya: a.Guru memberikan contoh soal untuk menanamkan konsep kepada siswa tentang materi yang akan disampaikan. b.Dalam setiap kelompok guru mengelompokan hasil lembar kerja siswa menjadi dua, siswa yang dapat mengerjakan dengan benar dan siswa belum mengerjakan dengan benar. c.Siswa yang dapat mengerjakan dengan benar diminta untuk mempresentasikan hasilnya didepan kelas. d.Setelah salah satu beberapa perwakilan siswa mempresentasikan hasilnya dan siswa yang lain memberikan tanggapan. e.Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat memahami maksud dari soal yang akan dikerjakan. Demikian kegiatan ini dilakukan secara bergilir dengan instruksi guru, sampai semua siswa mendapat giliran yang sama. Penggunakan metode langkah Polya diganti ditambah dengan deduktif, media lembar kerja siswa ditambah dengan media mempresentasikan/demonstrasi. Pekalongan, 13 Februari 2012 Teman Sejawat, Isnaeni, S.Pd. SD NIP: 195909112003042001 HASIL REFLEKSI SIKLUS I
Nama : Sumiyati Mata Pelajaran : (PKP) PDGK 4501 Tema : Permainan Materi Pokok : Persegi Panjang dan Persegi Kelas : III (Tiga) Semester : 2 (Dua) Tempat Pembelajaran : SD Negeri Tirto 04 Pekalongan Pelaksanaan : 20 Februari 2012 A.Refleksi Setelah proses pembelajaran tema Upaya Peningkatkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita, materi Persegi Panjang dan Persegi, mata pelajaran Matematika kebanyakan siswa belum dapat menguasai materi dengan sepenuhnya dan belum memahami instruksi yang telah diberikan, Guru belum menemukan karakter pendekatan yang tepat untuk Siswa, dan aktifitas Siswa masih dibawah rata-rata berdasarkan ketentuan indikator keberhasilan hasil belajar Siswa belum menunjukan batas minimum yang telah ditetapkan. B.Permasalahan 1.Siswa masih mengalami kesulitan dalam mempresentasikan materi yang telah disampaikian. 2.Guru belum menemukan pendekatan yang tepat agar siswa dapat mempresentasikan dengan baik. C.Analisis Masalah 1.Siswa cenderung lebih suka melempar kesempatan untuk mempresentasikan kepada teman yang lain, karena rasa kepercayaan diri dalam siswa masih kurang. 2.Guru dalam memahami siswa, karena menyesuaikan pendekatan yang tepat dengan siswa. D.Identifikasi Masalah 1.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan hasil nilai ulangan dari 15 siswa hanya 10 siswa yang menjawab benar mendapat nilai 60 ke atas dan siswa lainya mendapat nilai kurang dari 60 (belum tuntas), akan tetapi selisih kenaikan nilai rata-rata kelas sedikit dengan standar ketuntasan. 2.Keaktifan siswa sedang, siswa tidak berani mempresentasikan bila diberi kesempatan mempresentasikan dalam pembelajaran. 3.Guru belum dapat memberikan motivasi yang tepat agar siswa berani dalam mengemukapkan. E.Rumusan Masalah 1.Apakah pendekatan deduktif dengan metode langkah Polya dapat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang dan persegi. 2.Apakah dengan media lembar kerja siswa dapat untuk meningkatkan aktifitas belajar tentang persegi panjang dan persegi. F.Fokus dan Cara Memperbaiki 1.Penggunakan metode ceramah dan tanya jawab ditambah metode presentasi caranya: a.Guru memberikan contoh soal untuk menanamkan konsep kepada siswa tentang materi yang akan disampaikan dan menjelaskan secara runtun. b.Dalam setiap kelompok guru mengelompokan hasil lembar kerja siswa menjadi dua, siswa yang dapat mengerjakan dengan benar dan siswa belum mengerjakan dengan benar. c.Siswa yang dapat mengerjakan dengan benar diminta untuk mempresentasikan hasilnya didepan kelas. d.Setelah salah satu beberapa perwakilan siswa mempresentasikan hasilnya dan siswa yang lain memberikan tanggapan. e.Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat memahami maksud dari soal yang akan dikerjakan. Demikian kegiatan ini dilakukan secara bergilir dengan instruksi guru, sampai semua siswa mendapat giliran yang sama. Penggunakan metode langkah Polya diganti ditambah dengan deduktif, media lembar kerja siswa ditambah dengan media mempresentasikan/demonstrasi. Pekalongan, 20 Februari 2012 Teman Sejawat, Isnaeni, S.Pd. SD NIP: 195909112003042001
HASIL REFLEKSI SIKLUS II
Nama : Sumiyati Mata Pelajaran : (PKP) PDGK 4501 Tema : Permainan Materi Pokok : Persegi Panjang dan Persegi Kelas : III (Tiga) Semester : 2 (Dua) Tempat Pembelajaran : SD Negeri Tirto 04 Pekalongan Pelaksanaan : 27 Februari 2012 A.Refleksi Setelah proses pembelajaran tema Upaya Peningkatkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita, materi Persegi Panjang dan Persegi, mata pelajaran Matematika kebanyakan siswa belum dapat menguasai materi dengan sepenuhnya dan belum memahami instruksi yang telah diberikan, Guru belum menemukan karakter pendekatan yang tepat untuk Siswa, dan aktifitas Siswa masih dibawah rata-rata berdasarkan ketentuan indikator keberhasilan hasil belajar Siswa belum menunjukan batas minimum yang telah ditetapkan. B.Permasalahan 1.Siswa masih mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan temannya. 2.Guru sudah menemukan pendekatan yang tepat agar siswa dapat mempresentasikan dengan baik tetapi dalam penerapan masih ada kendala. C.Analisis Masalah 1.Siswa diberikan pendekatan idividu atau kelompok yang lebih. 2.Guru dalam memahami siswa, karena menyesuaikan pendekatan yang tepat dengan siswa. D.Identifikasi Masalah 1.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan hasil nilai ulangan dari 15 siswa hanya 12 siswa yang menjawab benar mendapat nilai 60 ke atas dan siswa lainya mendapat nilai kurang dari 60 (belum tuntas), sehingga tidak perlu diadakan kegiatan siklus lanjutan. 2.Keaktifan siswa tinggi, keadaan demikian sudah sesuai dengan indikator keberhasilan. 3.Guru melakukan pendekatan secara individu untuk memahami tingkat perkembangan siswa. E.Rumusan Masalah 1.Apakah pendekatan deduktif dengan metode langkah Polya dapat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang dan persegi. 2.Apakah dengan media lembar kerja siswa dapat untuk meningkatkan aktifitas belajar tentang persegi panjang dan persegi. F.Fokus dan Cara Memperbaiki 1.Penggunakan metode ceramah dan tanya jawab ditambah metode presentasi caranya: a.Guru memberikan contoh soal untuk menanamkan konsep kepada siswa tentang materi yang akan disampaikan dan menjelaskan secara runtun. b.Dalam setiap kelompok guru mengelompokan hasil lembar kerja siswa menjadi dua, siswa yang dapat mengerjakan dengan benar dan siswa belum mengerjakan dengan benar. c.Siswa yang dapat mengerjakan dengan benar diminta untuk mempresentasikan hasilnya didepan kelas. d.Setelah salah satu beberapa perwakilan siswa mempresentasikan hasilnya dan siswa yang lain memberikan tanggapan. e.Diharapkan setelah kegiatan pembelajaran ini siswa dapat memahami maksud dari soal yang akan dikerjakan. Demikian kegiatan ini dilakukan secara bergilir dengan instruksi guru, sampai semua siswa mendapat giliran yang sama. Penggunakan metode langkah Polya diganti ditambah dengan deduktif, media lembar kerja siswa ditambah dengan media mempresentasikan/demonstrasi. Pekalongan, 27 Februari 2012 Teman Sejawat, Isnaeni, S.Pd. SD NIP: 195909112003042001

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah ikut membangun komunitas kami, "SALAM LIMA JARI"

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | LunarPages Coupon Code